Perkembangan teknologi dan komputer, hardware, software, service laptop dan komputer, internet. Semua tentang teknologi informasi.

Sejarah Lahirnya Komputer

http://darikomputer.blogspot.com/2014/12/sejarah-lahirnya-komputer.html
Sejarah Lahirnya Komputer ditandai dengan awal mula lahirnya komputer. Dimulai dari komputer generasi pertama sampai komputer generasi keempat. Untuk sejarahnya silahkan baca artikel berikut ini.
Komputer merupakan mesin yang digunakan untuk mengolah data dalam bentuk aritmatika.

Awal Mula Lahirnya Komputer
Di zaman modern ini komputer sudah sangat berkembang. Secara luas komputer merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari berbagai komponen yang dapat menghasilkan informasi sesuai inputan pengguna. Komponen komputer CPU, Keyboard, Monitor, Mouse.
Sekarang ini dapat dikatakan komputer sudah sangat berkembang dari segi fitur, desain, dan fungsionalitasnya. Bahkan komputer sudah menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang.

Dalam sejarahnya, terdapat 5 generasi terciptanya komputer.
Generasi pertama,
Komputer dimulai dari perang dunia kedua. Pada tahun 1941 seorang insinyur jerman, Konard Zuse membuat komputer Z3. Komputer tersebut digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Tahun 1943 inggris membuat komputer pemecah kode rahasia yang diberi nama colossus.
Tahun 1900-1973, seorang insinyur Harvard, Howard H.Aiken membuat kalkulator elektronik untuk US Navy, ia bekerja di perusahaan IBM. Ukuran kalkulator tersebut adalah panjang 50 meter dan panjang kabel 500 mil.
Komputer tersebut dinamakan MARK1. Cara kerja komputer MARK1 adalah dengan sinyal elektronik untuk menggerakan mesin dan membutuhkan waktu 3-5 detik untuk perhitungannya .

Cikal bakal komputer dimulai dengan terciptanya ENIAC ( Electronic Numerical Integrator and Computer ). Eniac terdiri dari 18.000 tabung vakum, 5juta titik soldir, dan 70.000 resistor. Komputer tersebut merupakan mesin besar dengan daya 160Kw.

http://darikomputer.blogspot.com/2014/12/sejarah-lahirnya-komputer.html
Pada tahun 1945 lahirlah EDVAC, EDVAC sudah dilengkapi dengan memori yang digunakan untuk menampung data. Edvac dibuat oleh Von Neumann.
Tahun 1951, terciptalah UNIVAC1 yang dibuat oleh Remington Rand.

Generasi kedua,
Penemuan transistor menggantikan tabung vakum. Transistor mulai digunakan pada tahun 1956. Saat itu pula IBM membuat super komputer yang diberi nama Skretch dan Sperry Rand membuat komputer bernama LARC.

Generasi ketiga,
Komputer sudah dilengkapi dengan Sistem Operasi.

Generasi ke empat,
Pada generasi ini dibuatlah komponen-komponen yang dipasang dalam sebuah chip.
Pada tahun 1970, produk komputer mulai dipasarkan ke masyarakat. Komputer ini disebut dengan mini komputer. Tahun 1980 an berkembanglah video game yaitu Atari 2600.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan PC atau Personal Computer. Pada generasi ini arsistektur komputer sudah berupa desktop dan laptop. Persaingan pasar dan teknologi pun terjadi antara IBM dan Apple Macintosh. Apple dengan design grafisnya.


"Itulah sedikit ulasan tentang awal mula komputer sampai sekarang ini dengan teknologi yang sudah jauh berkembang dengan smartphone nya".
Tag : hardware
0 Komentar untuk "Sejarah Lahirnya Komputer"

Powered by Blogger.
Back To Top