Perkembangan teknologi dan komputer, hardware, software, service laptop dan komputer, internet. Semua tentang teknologi informasi.

Macam-macam Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya

Perangkat keras komputer atau sering disebut Hardware komputer merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk membangun sebuah komputer ( Personal Computer ). Untuk merakit sebuah komputer, seseorag harus tahu tentang macam - macam perangkat keras komputer dan tahu tentang fungsi dari masing - masing perangkat komputer. Dari prosessor, ram, vga card, mainboard/motherboard, stavolt/stabilizer, monitor, dan power suplly. Di era globalisasi ini komputer sangat membantu pekerjaan manusia, semua aktivitas manusia yang dilakukan berhubungan dengan komputer dalam menyelesaikan pekerjaannya. Mulai dari bidang bisnis, bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang pariwisata, bidang keagamaan, dan bidang sosial.

Di artikel ini darikomputer akan menjelaskan, apa saja komponen / perangkat pembentuk komputer. Dari macam - macam perangkat yang di butuhkan sampai fungsi atau kegunaan masing - masing perangkat tersebut

Macam - macam dan fungsi Hardware  atau Perangkat Keras Komputer :

1.  Processor


http://darikomputer.blogspot.com/2015/01/macam-macam-dan-fungsi-perangkat-keras-komputer.html


     Processor atau CPU (Control Processing Unit) merupakan otak dari sebuah komputer. Semua instruksi atau perintah, cara kerja, input output di proses oleh processor. Semua aktifitas yang dilakukan oleh user/pengguna di proses oleh processor. Satuan besaran prosesor adalah (Hz). Semakin besar ukuran (Hz) maka kemampuan dan kecepatan komputer akan semakin tinggi. Jenis prosesor ada 2 di pasaran yaitu Intel dan amd.
Jenis prosesor intel ada beberapa macam yaitu :
Intel Pentium, Intel celeron, dual-core, core2duo, Quad-core, Intel i3, Intel i5, dan Intel i7. Untuk Intel Pentium dan celeron, dia memiliki 1 CPU, dual-core, core2duo dan quad-core memiliki 2 CPU, Intel i3 dan i5 memiliki 4 CPU, dan yang tercepat adalah Intel i7 yang mempunyai 8CPU. Jenis processor harus sesuai dengan tipe Motherboard yang digunakan, karena processor intel core2duo, dualcore, celeron mempunyai socket yang berbeda dengan processor intel i3, i5, dan intel i7. processor intel core2duo ke bawah memakai socket LGA 775 sedangkan intel i3, i5, dan i7 menggunakan socket 1150, 1155, dan 1156.
Begitu juga dengan processor amd. Prosesor amd juga mempunyai beberapa seri sesuai dengan motherboardnya.

2.  Ram


http://darikomputer.blogspot.com/2015/01/macam-macam-dan-fungsi-perangkat-keras-komputer.html


     Ram (Random Access Memory) merupakan perangkat keras komputer yang digunakan sebagai penyimpanan sementara. Data - data atau perintah yang di masukkan oleh user(pengguna) akan di simpan sementara oleh Ram. Satuan besaran Ram adalah megabytes(MB) dan gigabytes (Gb). Satuan besaran Ram berbeda - beda dari 64MB, 128MB, 512MB, 1gb, 2gb, 4gb, dan 8gb. Semakin besar satuan Ram maka kemampuan menyimpan data juga lebih besar. Semakin besar Ram maka komputer akan semakin cepat.
Contohnya :
Jika sebuah komputer digunakan untuk membuka dua browser secara bersamaan, komputer yang mempunyai RAM 4gb akan lebih cepat membuka browser tersebut dari pada komputer yang mempunyai RAM 1gb.


3.   VGA card



http://darikomputer.blogspot.com/2015/01/macam-macam-dan-fungsi-perangkat-keras-komputer.html

      VGA card atau kartu grafis merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memberikan tampilan gambar ke monitor. Di pasaran terdapat dua jenis VGA card yaitu Nvidia dan Ati Radeon. Satuan besaran VGA adalah bit, semakin besar atau banyak bit semakin bagus tampilan di layar monitor. Satuan bit VGA dimulai dari yang terendah adalah 64bit, 128bit, 256bit, dan 384bit.

4.   Monitor

http://darikomputer.blogspot.com/2015/01/macam-macam-dan-fungsi-perangkat-keras-komputer.html


      Monitor merupakan sebuah perangkat komputer yang digunakan untuk memberikan tampilan gambar ke pengguna. Jenis monitor ada 2 yaitu monitor tabung (monitor  CRT) dan monitor LCD. Untuk konsumsi listrik, monitor LCD lebih hemat dalam menggunakan sumber daya listrik daripada monitor CRT. Monitor yang terbaru di 2014 ini adalah monitor LED.


5.    Power Supply


http://darikomputer.blogspot.com/2015/01/macam-macam-dan-fungsi-perangkat-keras-komputer.html


        Power Supply merupakan perangkat komputer yang digunakan untuk mengkonversi arus listrik dari AC(Alternating Current) ke DC(Direct Current). Dari Power Supply inilah, semua perangkat keras komputer atau komponen komputer seperti motherboard, VGA, prosesor, ram, hardisk, kipas komputer mendapatkan arus listrik.

6.   Motherboard / Mainboard


http://darikomputer.blogspot.com/2015/01/macam-macam-dan-fungsi-perangkat-keras-komputer.html


      Motherboard merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai rumah bagi perangkat komputer lainnya. Semua komponen komputer seperti prosesor, ram ,VGA akan dipasang di dalam motherboard. Di dalam motherboard inilah semua komponen komputer saling berhubungan dan bekerja sesuai dengan fungsinya. Terdapat slot - slot atau tempat yang telah di tentukan untuk setiap komponen. Sebagian besar arus listrik dari power supply digunakan oleh motherboard.

7.   Stabilizer / Stavolt


http://darikomputer.blogspot.com/2015/01/macam-macam-dan-fungsi-perangkat-keras-komputer.html


        Stabilizer merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk menyeimbangkan tegangan arus listrik. Tegangan listrik yang ada di rumah - rumah biasanya tidak stabil dan tegangan listrik tersebut biasanya naik - turun.
Fungsi stabilizer untuk komputer :
Untuk komputer sendiri stabilizer berfungsi menyeimbangkan tegangan listrik yang masuk ke komputer. Ketika tegangan listrik tidak stabil, STABILIZER akan menyeimbangkannya agar komputer tidak melakukan restart.
0 Komentar untuk "Macam-macam Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya"

Powered by Blogger.
Back To Top