Perkembangan teknologi dan komputer, hardware, software, service laptop dan komputer, internet. Semua tentang teknologi informasi.

Cara Sederhana Memperbaiki Komputer Mati


Buat kalian yang mempunyai komputer, apakah kalian pernah mengalami, dimana komputer kalian tidak bisa hidup atau mati ?. Ketika kalian ingin menghidupkan komputer, tiba - tiba komputer kalian tidak bisa hidup, pasti kalian bingung karena komputer kalian mati. Penyebab komputer tidak dapat hidup itu sebenarnya sangat kompleks, kita harus mencari dibagian mana penyebab komputer tidak hidup. Karena komputer terdiri dari berbagai komponen atau hardware, jadi kita harus melakukan pengecekan terhadap setiap komponen. Karena komputer terdiiri dari berbagai komponen kecil yang saling terhubung seperti baterai, trensistor, elco dan sebagainya maka jika ada kerusakan di salah satu komponen akan menyebabkan tidak normalnya komputer atau bisa saja menyebabkan komputer mati.

Dari sekian banyak permasalahan mengenai komputer yang tidak bisa hidup atau nyala atau mati, coba salah satu alternatif dibawah ini.

1.  Ketika komputer tidak bisa hidup, coba cek cpu komputer kalian hidup atau tidak. Maksudnya lihatlah lampu LED pada CPU kalian hidup atau tidak. Letaknya berada di depan CPU, dekat tombol power CPU.

2.  Cek Power supply kalian nyala atau tidak. Maksudnya hidup atau tidak, jika hidup kipas didalam power supply berputar. Apa itu power supply, silahkan baca artikel PENGERTIAN POWER SUPPLY DAN FUNGSI POWER SUPPLY PADA KOMPUTER di blog ini.

3.   Jika tidak hidup, itu berarti arus listrik tidak mengalir ke power supply.

3. Untuk melakukan percobaan pertama, silahkan cabut kabel yang menghubungkan komputer dengan arus listrik atau matikan dahulu arus listrik ke komputer.

4.  Kemudian lepas dan pasang lagi kabel power supply. Letaknya ada di belakang casing CPU, kabel tersebut tersambung dengan Stabilizer.



5. Sekarang coba nyalakan kembali komputer kamu. Jadi intinya, kita membenarkan pemasangan kabel pada Power Supply. Kenapa harus di benarkan, karena bisa jadi kabel pada Power Supply mengalami perluasan atau longgar. Hal tersebut bisa di akibatkan oleh panas dari aliran listrik. 

Itulah sedikit permasalahan mengenai penyebab komputer tidak bisa hidup. Cara diatas bisa kamu coba untuk pertama kali jika komputer kamu tidak bisa hidup atau mati. Daripada komputer dibawa ke tempat service dan harus mengeluarkan biaya, lebih baik di  coba dulu cara diatas.
Walaupun sepele, tapi permasalahan tentang komputer mati atau tidak bisa hidup itu sangat kompleks. Jika cara diatas tidak bisa, berarti penyebab komputer kamu mati atau tidak bisa hidup ada pada komponen atau perangkat keras lainnya. 
Untuk penyebab lain komputer tidak bisa hidup, akan dibahas di artikel selanjutnta.
Tag : service
0 Komentar untuk "Cara Sederhana Memperbaiki Komputer Mati"

Powered by Blogger.
Back To Top