Perkembangan teknologi dan komputer, hardware, software, service laptop dan komputer, internet. Semua tentang teknologi informasi.

Pengertian Power Suppy dan Fungsinya Untuk Komputer




Power Supply atau sering disebut PSU merupakan perangkat keras yang digunakan untuk memberikan suplai listrik atau pasokan listrik. 
Di dalam komputer, power supply berfungsi untuk menyuplai listrik ke dalam komponen - komponen komputer seperti motherboard, hardisk, ram, vga card, kipas komputer, dan dvd room.

Cara Kerja Power Supply :
Cara kerja power supply adalah mengubah tegangan listrik AC atau Alternating Current menjadi arus DC atau Direct Current kemudian menyalurkan ke berbagai komponen komputer.

Fungsi Power Supply :
Fungsi Power Supply adalah untuk memberikan arus listrik kepada komponen - komponen perangkat keras komputer sesuai kebutuhannya. Komponen utama komputer yang sangat membutuhkan arus listrik tersebut adalah motherboard atau sering disebut mainboard. Penjelasan tentang mainboard bisa kalian baca disini. Karena di mainboardlah semua perangkat terhubung. 

Jenis - Jenis Power Supply :
Dalam dunia komputer, Power Supply dibedakan menjadi dua yaitu Power Supply model AT dan model ATX. Power Supply model AT digunakan oleh komputer Pentium 2 kebawah sedangkan Power Supply model ATX digunakan oleh komputer Pentium 4 keatas. Jenis Power Supply yang banyak digunakan sekarang adalah model ATX, karena komputer Pentium 2 sudah jarang digunakan. Kelebihan menggunakan PSU model ATX adalah sudah mendukung konektor SATA.

Jenis Konektor Power Supply :

            1. Konektor 20 dan 24 pin Motherboard ATX




Konektor ini digunakan untuk memberikan sumber daya (resource) listrik ke mainboard.     Konektor dengan 20 pin dan 24 pin digunakan untuk komputer pentium 4 keatas.                 
Komputer dengan hardware terbaru sekelas intel i3, i5, i7 kebanyakan menggunakan 24 pin untuk motherboardnya.


            2. Konektor Floppy Disk





Konektor ini digunakan untuk memberi sumber daya listrik pada bagian Floppy Disk. Tetapi biasanya tidak dipakai.


            3. Konektor SATA





Konektor ini digunakan untuk memberi resource untuk perangkat Hardisk dan  Dvd-Rw, Ini merupakan konektor SATA, dimana digunakan untuk perangkat / hardware dengan slot SATA. Konektor ini ada 2 tipe yaitu SATA dan ATA. Untuk komputer dengan socket 775 kebawah, biasanya masih ada yang menggunakan slot ATA. Konektor SATA ini merupakan konektor terbaru dari slot ATA.


            4. Konektor 4 pin Peripheral





Konektor ini digunakan untuk memberi sumber daya listrik untuk kipas komputer dan DVD. Untuk DVD kebanyakan sekarang sudah memakai konektor SATA.


            5. Konektor 4 pin




Konektor ini digunakan untuk memberi sumber daya listrik untuk processor.

Harga Power Supply

Harga Power Supply pun bermacam - macam, dari harga ratusan ribu sampai 1 juta ke atas. Harga Power Supply tergantung besarnya Watt dan kualitas Power Supply. Untuk komputer dengan spesifikasi yang tinggi sperti komputer dengan processor i7, ram 4gb, motherboard gigabytes P67, vga nvidia GeForce 560Ti, sebaiknya menggunakan Power Supply yang mempunyai Watt tinggi, seperti 500 watt ke atas. Karena jika menggunakan Power Supply berwatt tinggi dapat memberikan arus listrik sesuai kebutuhan perangkat keras komputer, sehingga membuat perangkat keras komputer tidak kekurangan arus listrik.



Tag : hardware
0 Komentar untuk "Pengertian Power Suppy dan Fungsinya Untuk Komputer"

Powered by Blogger.
Back To Top